A. Domain
I : Promosi Kesehatan
Kelas
1 : Kesadaran akan Kesehatan :
Rekognisi dari fungsi normal dan kesehatan
Kelas 2 : Managemen
kesehatan : identifikasi, controlling, performing dan aktifitas yang
terintegrasi untuk memelihara sehat dan kesehatan
Diagnosa
yang berhubungan
- Manajemen regimen terapi efektif
- Manajemen regimen terapi tak efektif
- Manajemen regimen terapi keluarga tak efektif
- Manajemen regimen terapi komuniti tak efektif
- Perilaku mencari bantuan kesehatan
- Pemeliharan kesehatan tak efektif
- kerusakan pemeliharaan rumah
- Kesiapan untuk meningkatkan Manajemen regimen terapi
- Kesiapan untuk meningkatkan nutrisi
B. Domain
2 : Nutrisi
Aktifitas
untuk mengambil, asimilasi dan menggunakan nutrient untuk keseimbangan
jaringan, perbaikan jaringan dan memproduksi energi
Kelas
1 : Ingesti
: mengambil makanan atau nutrient kedalam tubuh
Diagnosa
yang berhubungan
1.
Pola makan infant tak efektif
2.
Kerusakan menelan
3.
Ketidakseimbangan nutrisi : kurang dari kebutuhan tubuh
4.
Ketidakseimbangan nutrisi : lebih dari kebutuhan tubuh
5.
Risiko terhadap ketidakseimbangan nutrisi : lebih dari
kebutuhan tubuh
Kelas
2 : Digesti : aktifitas fisik dan kimia yang
mengubah bahan makanan menjadi substansi yang memungkinkan diabsorpsi dan
dicerna
Kelas
3 : Absorpsi: kegiatan mengambil nutrisi menuju
jaringan tubuh
Kelas 4 : Metabolisme :
Kelas 5 : Hidrasi : pengambilan dan absorpsi cairan dan
elektrolit
Diagnosa
yang berhubungan
- Kurang volume cairan
- Risiko untuk kurang volume cairan
- Kelebihan volume cairan
- Risiko untuk ketidakseimbangan volume cairan
- Kesiapan untuk meningkatkan keseimbangan cairan
C. Domain
3: Eliminasi
Sekresi
dan ekskresi terhadap produk akhir dari tubuh
Kelas
1 : Fungsi Urinari
Diagnosa
yang berhubungan
1.
Kerusakan eliminasi urine
2.
Retensi urine
3.
Inkontinesia urine total
4.
Inkontinensia urine fungsional
5.
Inkontinensia urine stress
6.
Inkontinensia urine tak tertahankan
7.
Inkontinensia refleks urine
8.
Risiko Inkontinensia urine tak tertahankan
9.
Kesiapan meningkatkan eliminasi urine
Kelas
2 : Fungsi Gastrointestinal
Diagnosa
yang berhubungan
1.
Inkontinensia usus
2.
Diare
3.
Konstipasi
4.
Risiko untuk konstipasi
5.
Konstipasi dirasakan
Kelas
3: Fungsi Integumen/Kulit
Kelas
4 : Fungsi Respirasi : proses pertukaran gas dan
pengeluaran produk akhir metabolisme
Diagnosa
yang berhubungan
1.
Kerusakan pertukaran gas
D. Domain
4 : Aktifitas dan Istirahat
Kelas
1 : Tidur/istirahat
Diagnosa
yang berhubungan
1.
Gangguan pola tidur
2.
Kesulitan tidur
3.
Kesiapan untuk meningkatkan tidur
Kelas
2 : Aktifitas/Kegiatan : pergerakan bagian dari tubuh
(mobilitas), bekerja atau menunjukkan suatu kegiatan melawan tahanan
Diagnosa
yang berhubungan
1.
Risiko untuk Sindrom disuse
2.
Kerusakan mobilitas fisik
3.
Kerusakan mobilitas di tempat tidur
4.
Kerusakan mobilitas di kursi roda
5.
Kerusakan kemampuan berpindah
6.
Kerusakan berjalan
7.
Kurang aktifitas diversional (Hiburan)
8.
Kelambatan penyembuhan pembedahan
9.
Perilaku tak berubah
Kelas
3 : Keseimbangan Energi : keadaan dinamis antara pemasukan
dan kebutuhan
Diagnosa
yang berhubungan
1.
Gangguan bidang energi
2.
Kelemahan
Kelas
4 : Respon Kardiovaskuler/Pulmoner
Diagnosa
yang berhubungan
1.
Penurunan Curah Jantung
2.
Kerusakan Ventilasi Spontan
3.
Pola Nafas Takefektif
4.
Aktifitas intoleran
5.
Rsiko terhadap aktifitas intoleran
6.
Disfungsi respon penyapihan ventilator
7.
Perfusi jaringan takefektif (Spesifik : renal, cerebral,
kardiopulmoner, gastrointestinal, perifer)
Kelas
5 : Perawatan Diri
Diagnosa
yang berhubungan
1.
Kurang perawatan diri : Berpakaian/berhias
2.
Kurang perawatan diri : Mandi/hygiene
3.
Kurang perawatan diri : Makan
4.
Kurang perawatan diri : Toileting
E. Domain
5 : Persepsi/Kognisi
Kelas
1 : Perhatian
Diagnosa
yang berhubungan
1.
Pengabaian unilateral
Kelas
2 : Orientasi
Diagnosa
yang berhubungan
1.
Sindrom kerusakan interpretasi lingkungan
2. Wandering
Kelas
3 : Sensasi/Persepsi
Diagnosa
yang berhubungan
1.
Gangguan sensori persepsi (spesifikkan : visual, auditory,
kinestetik, gustatori, taktil)
Kelas
4 : Kognisi
Diagnosa
yang berhubungan
1.
Kurang pengetahuan (spesifikkan)
2.
Kesiapan untuk meningkatkan pengetahuan (spesifikkan)
3.
Kebingungan akut
4.
Kebingungan kronik
5.
Kerusakan memori
6.
Gangguan proses fikir
Kelas
5 : Komunikasi
Diagnosa
yang berhubungan
1.
Kerusakan komunikasi verbal
2.
Kesiapan untuk meningkatkan komunikasi
F.
Domain 6 :
Persepsi – Diri : kesadaran akan
diri
Kelas 1 : Konsep Diri
Diagnosa
yang berhubungan
1.
Gangguan identitas diri
2.
Kelemahan
3.
Risiko terhadap ketidakberdayaan
4.
Ketidakberdayaan
5.
Risiko terhadap kesepian
6.
Kesiapan untuk meningkatkan konsep diri
Kelas 2 : Harga – Diri
Diagnosa
yang berhubungan
1.
Harga diri rendah kronik
2.
Harga diri rendah situasional
3.
Risiko terhadap harga diri rendah
situasional
Kelas
3 : Citra Tubuh : pencitraan diri sendiri secara
mental
Diagnosa
yang berhubungan
1.
Gangguan citra tubuh
G. Domain
7 : Hubungan Peran : hubungan positif dan negatif antara
individu dan kelompok
Kelas
1: Peran Pemberi Asuhan
Diagnosa
yang berhubungan :
1.
Ketegangan pemberi asuhan
2.
Risiko terhadap ketegangan pemberi asuhan
3.
Kerusakan peran orang tua
4.
Risiko Kerusakan peran sebagai orang tua
5.
Kesiapan untuk meningkatkan peran sebagai orang tua
Kelas
2 : Hubungan Keluarga
Diagnosa
yang berhubungan
1.
Hambatan proses keluarga
2.
Kesiapan meningkatkan proses keluarga
3.
Disfungsi proses keluarga : alkoholisme
4.
Risiko terhadap kerusakan kedekatan orang tua/anak
Kelas
3 : Penampilan Peran
Diagnosa
yang berhubungan
1.
Menyusui efektif
2.
Menyusui tak efektif
3.
Menyusui terganggu
4.
Penampilan peran tak efektif
5.
Konflik peran orang tua
6.
Kerusakan interaksi sosial
H. Domain
8 : Seksualitas
Kelas
1 : Identitas Seksual
Kelas
2 : Fungsi Seksual
Diagnosa
yang berhubungan
1.
Disfungsi seksual
2.
Pola seksualitas tak efektif
Kelas
3 : Reproduksi
I.
Domain 9 : Koping/Toleransi Terhadap
Stress
Kelas
1 : Respon Post-trauma
Diagnosa
yang berhubungan
1.
Sindrom stres relokasi
2.
Risiko terhadap Sindrom stres relokasi
3.
Sindrom trauma perkosaan
4.
Sindrom trauma perkosaan : Reaksi diam
5.
Sindrom trauma perkosaan : Reaksi gabungan
6.
Sindrom post-trauma
7.
Risiko Sindrom post-trauma
Kelas
2 : Respon Koping
Diagnosa
yang berhubungan
1.
Ketakutan
2.
Kecemasan
3.
Kecemasan akan kematian
4.
Berduka kronik
5.
Mengingkari tak efektif
6.
Berduka antisipasi
7.
Disfungsi berduka
8.
Kerusakan penilaian
9.
Koping tak efektif
10.
Ketidakmampuan koping keluarga
11.
Koping keluarga kompromi
12.
Koping defensif
13.
Koping komunitas tak efektif
14.
Kesiapan untuk meningkatkan koping (individual)
15.
Kesiapan untuk meningkatkan koping keluarga
16.
Kesiapan untuk meningkatkan koping komuniti
17.
Risiko terhadap disfungsi berduka
Kelas
3 : Neurhobehavioural Stress : respon perilaku yang melibatkan
fungsi saraf dan otak
1.
Disrefleksi otonom
2.
Risiko untuk Disrefleksi otonom
3.
Perilaku bayi takteratur
4.
Risiko untuk Perilaku bayi takteratur
5.
Kesiapan untuk meningkatkan Keteraturan perilaku bayi
6.
Penurunan kapasitas adaptif intrakranial
J. Domain
10 : Prinsip Hidup
Kelas
1 : Nilai
Kelas
2 : Kepercayaan
Diagnosa
yang berhubungan
1.
Kesiapan untuk meningkatkan kesehatan spiritual
Kelas
3 : Nilai/Kepercayaan/Kesesuaian Tindakan
Diagnosa
yang berhubungan
1.
Distress spiritual
2.
Risiko untuk distress spiritual
3.
Konflik memutuskan (Spesifikkan)
4.
Tidak terpenuhinya (Spesifikkan)
5.
Risiko untuk kerusakan beragama
6.
Kerusakan Beragama
7.
Kesiapan untuk meningkatkan beragama
K. Domain
11 : Keamanan/Proteksi : terbebas dari bahaya, kecelakaan
fisik atau kerusakan sistem imun.
Kelas
1 : Infeksi
Diagnosa
yang berhubungan
1.
Risiko terhadap infeksi
Kelas
2 : Cedera Fisik
Diagnosa
yang berhubungan
1.
Kerusakan membran mukosa oral
2.
Risiko terhadap cedera
3.
Risiko terhadap cedera posisi perioperasi
4.
Risiko terjatuh
5.
Risiko terhadap trauma
6.
Kerusakan integritas kulit
7.
Risiko terhadap kerusakan integritas kulit
8.
Kerusakan integritas jaringan
9.
Kerusakan pertumbuhan gigi
10.
Risiko kekurangan nafas
11.
Risiko aspirasi
12.
Bersihan jalan nafas tak efektif
13.
Risiko terhadap disfungsi neurovaskular perifer
14.
Proteksi tak efektif
15.
Risiko terhadap sindrom kematian bayi
Kelas
3 : Kekerasan
Diagnosa
yang berhubungan
1.
Risiko untuk mutilasi diri
2.
Mutilasi diri
3.
Risiko untuk mencederai orang lain
4.
Risiko untuk mencederai diri sendiri
5.
Risiko bunuh diri
Kelas
4 : Bahaya Lingkungan
Diagnosa
yang berhubungan
1.
Risiko keracunan
Kelas
5 : Proses Defensif
Diagnosa
yang berhubungan
1.
Respon alergi getah
2.
Risiko terhadap alergi getah
Kelas
6 : Thermoregulasi
Diagnosa
yang berhubungan :
1.
Risiko terhadap ketidakseimbangan suhu tubuh
2.
Termoregulasi tak efektif
3.
Hipotermi
4.
Hipertermi
L. Domain
12 : Kenyamanan
Kelas
1 : Kenyamanan Fisik
Diagnosa
yang berhubungan
1.
Nyeri akut
2.
Nyeri kronik
3.
Mual
Kelas
2 : Kenyamanan Lingkungan
Kelas
3 : Kenyamanan Sosial
Diagnosa
yang berhubungan
1.
Isolasi Sosial
M. Domain
13 : Pertumbuhan/Perkembangan
Kelas
1 : Pertumbuhan
Diagnosa
yang berhubungan
1.
Pertumbuhan dan perkembangan terhambat
2.
Risiko terhadap pertumbuhan tidak proporsional
3.
Kegagalan pertumbuhan dewasa
Kelas
2 : Perkembangan
Diagnosa
yang berhubungan
1.
Pertumbuhan dan perkembangan terhambat
2.
Risiko untuk perkembangan terhambat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar